Hari ini sangat terkejut dengan berita yang saya lihat ditelevisi, bahwa sejumlah nasabah bank-bak besar seperti BCA, Mandiri, BNI, dan bank-bank besar lainnya “kebobolan”, alias dibobol maling. Sekitar 3000 nasabah dari berbagai bank dilaporkan telah mengalami kejadian naas ini, dengan kerugian ditaksir lebih dari 300 Miliar rupiah, sungguh ironi dan menyesakan. Modus dari pembobolan ATM ini sesungguhnya bukan kejahatan baru, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalau kejadian seperti ini sering kita dengar sehari-hari.

Seperti yang saya kutip dari pembicaraan antara ahli Forensik IT dengan reporter MetroTV, bahwa kasus pembobolan ini sesungguhnya bukan kejahatan seperti layaknya hacker yang hebat, tapi ini murni kriminal pencurian. Modusnya terbilang rapi, dengan bermodalkan kamera pulpen yang kecil, mereka memata-matai, pengguna ATM untuk melihat PIN yang di enter oleh nasabah bank, setelah mereka mengetahui PIN, mereka akan merekamnya dan karena kehebatan mereka untuk menduplikasi kartu, mereka dengan mudah membobol ATM nasabah yang sudah diketahui no.PIN nya tadi.

Melalui artikel ini saya ingin mensharekan apa yang saya dapat dari pembicaraan reporter MetroTV dengan Ahli Forensik IT mengenai cara penanggulangan pembobolan ATM.
Berikut Tip-tips untuk mencegah bobolnya ATM anda:
# Perhatikan lubang masuknya kartu ATM, apakah ada keganjilan, kalau misalnya kelihatan ada solatip dan yang lainnya, sepatutnya anda curiga dan melaporkan hal ini ke petugas bank yang bersangkutan
#Perhatikan sekeliling anda, apakah ada benda-benda yang mencurigakan layaknya kamera (tetapi bukan kamera CCTV, biasanya seperti yang saya lihat di Metro, Kamera pengintai diletakan ditempat yang mengarah ke keypad ATM
#Gantilah PIN anda secara berkala, ini demi keamanan anda
#Usahakan tutup dengan tangan anda ketika anda mengambil uang, hal ini dimaksudkan agar PIN anda tidak terbaca oleh orang sebelah atau belakang anda.
#perhatikan juga daerah sekitar lubang tempat masuknya ATM, apakah kelihatan ganjil, informasi yang saya dapat, ada dudukan lubang ATM ganda kalau seorang penjahat bermaksud memata-matai pengguna ATM.