Siapapun boleh
mencobanya. Saya hanya ingin berbagi.
Ada beberapa yang perlu
diperhatikan:

Sebelum sidang:

1.

Pastikan jadwal
sidang. Jangan sampe salah dan lupa jam, tanggal, dan tempatnya.
2.

Perhatikan hal2 yang
berkaitan dengan peraturan sidang.
3.

Cari info juga
tentang dosen yang akan menguji, gimana si beliau? Biar ga kaget.
Paling tidak kita bisa siapin sesuatu bwt ngadepin beliau.
4.

Siapin semuanya yang
berkaitan dengan materi yang akan disidangkan. Bisa jadi dosen
penguji itu nanya hal yang simpel yang ga kebayang bakalan
ditanyain. Misal tentang pengertian suatu istilah. Bagusnya kita
paham tentang semua materinya, jadi klo diajak muter2 ama pengujinya
bisa tetap fokus.
5.

Alat bantu untuk
presentasi, pastikan udah ada dan sesuai kebutuhan. Slide
presentasi, transparansi, S/w atau produk yg dihasilkan, komputer,
dsb.
6.

Siapkan beberapa
kemungkinan yang akan bisa terjadi. Misalnya: CD-nya ga’ bisa dibuka
atau tiba-tiba komputernya error.
7.

Back up dokumen TA,
jangan sampe ga punya. Baik hard copy maupun soft copy-nya.
8.

Jangan lupa latihan
persentasi di depan temen2, minta mereka mengomentari cara kita
menyampaikan dan menanyakan sesuatu tentang TA yang kita bwt. Anggap
aja mereka penguji dan tidak tau apa2 tentang TA kita. Teman yang
beda jurusan bisa dimintai bantuannya. Siapa tau pertanyaan yang
mereka ajukan juga ditanyain oleh penguji.
9.

Buat yang malamnya
begadang. Jangan nunjukin muka kusutnya ya… Ntar malah jadi
pertanyaan penguji… Klo bisa jangan begadang, idealnya 1 atau 2
hari sebelum sidang, jalan2 atau refresing.
10.

Buku yang digunakan
sebagai referensi TA, harus dibawa. Minimal punya fotokopiannya.
Referensi dari internet juga harus dipersiapkan. Buat jaga-jaga klo
ditanyaain penguji.
11.

Yang ga kalah
pentingnya juga. Jangan lupa jaga kesehatan. Klo sampe sakit….
Ah… jangan sampe ah.. pokoknya jangan titik.
12.

Buat yang
berkelompok. Selalu ikat patner kita. Apapun yang terjadi..Ok!!
13.

Untuk menghilangkan
perasaan tegang…. perbanyak tilawah Al-Qur’an.. dan dzikir kepada
Allah.

Saat
sidang:

14.

Gunakan pakaian yang
sesuai. Rapi dan sopan. Jangan sampe bingung cari2 jasket saat mau
berangkat sidang gara2 ketuker ama temen satu kos. Bisa2 telat berangkat nanti.
15.

Saat presentasi
anggap aja penguji belum tau apa-apa tentang yang mw
dipresentasikan. Cara ini bisa mengurangi rasa gugup.
16.

Jangan terus-terusan
baca slide saat presentasi, harus hafal apa yang mau
dipresentasikan.
17.

Jangan nunjukin muka
tegang ato bingung saat ga bisa jawab pertanyaan saat sidang. Santai
aja.. dengan senyum, jawab aja dengan jujur tapi jangan merendahkan.
18.

Buat yang
berkelompok, jika patner kita ga bisa jawab pertanyaan penguji.
Boleh mengajukan diri, asal dengan cara yang baik. Misal dengan
bilang,”Boleh saya bantu Pak?”. Tapi jangan cari muka.
Kerja masing-masing personal akan terlihat. Apapun yang terjadi
lindungi patner, jangan menjatuhkan. Klo jatuh sendiri gimana..?

18.

Kuasai situasi yang
ada, perhatikan penguji maupun pembimbing. Jangan bermuka bete
dihadapan mereka. Walau mereka terlihat lebih serius.
19.

Jangan lupa berdo’a
sebelum berangkat sidang dan minta do’a restu Ortu. Semoga diberikan
kemudahan saat proses sidang dan ketenangan. (“Tidak duduk
suatu kaum sambil berzikir kepada Allah kecuali mereka akan
dikelilingi oleh malaikat, dinaungi oleh rahmat, diberikan ketenagan
& Allah akan menyebut (nama) mereka yang disisi-Nya.”
HR-Muslim).