alan kaki merupakan olahraga yang paling mudah, murah, dan memiliki risiko cedera lebih kecil. Menurut pakar kesehatan olahraga, jalan kaki bermanfaat untuk jantung, otot dan persendian, tulang, metabolisme, bobot badan, dan pikiran. Bagi Anda yang malas berolahraga, jalan kaki merupakan pilihan yang terbaik.
Jalan kaki merupakan olahraga yang murah dan mudah serta sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat jalan kaki, antara lain:

1. Menguatkan jantung dengan meningkatkan efisiensinya. Jalan kaki yang dilakukan secara teratur seumur hidup akan menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit pembuluh koroner.
2. Menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, tulang rawan. Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat memperlambat terjadinya osteoporosis (keropos tulang).
3. Memperbaiki sistem pengaturan gula darah dalam tubuh. Banyak pasien diabetes melitus yang berkurang kebutuhan insulinnya karena rutin
4. Ideal untuk menjaga berat badan karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Tidak kalah penting, jalan kaki dapat meningkatkan citra diri serta mengurangi depresi dan kecemasan.
5. Dibanding joging, pembebanan olahraga jalan kaki pada tubuh lebih kecil. Ketika joging, kedua kaki terangkat dari tanah pada setiap langkah. Ini dapat memaksa badan kita menyerap benturan dengan kekuatan 3-4,5 kali bobot badan.
Sebaliknya, saat jalan kaki, salah satu kaki selalu di tanah, dan ketika kaki mendarat benturannya kurang lebih 1,25 kali bobot badan. Jadi, risiko cedera pada jalan kaki lebih kecil. Memang jalan kaki memberikan hasil lebih lambat daripada joging. Demi mendapat manfaat yang sama dengan joging, lakukan jalan kaki lebih lama.

Butuh Berapa Langkah Setiap Hari?
Kebutuhan langkah kaki berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan yang ingin dicapai. Untuk kesehatan jangka panjang dan mengurangi risiko penyakit kronis dibutuhkan 10.000 langkah setiap hari. Untuk mengurangi berat badan, antara 12.000-15.000 langkah setiap hari. Jika ingin aerobik yang sukses, langkah tetap yang dibutuhkan adalah 3.000 langkah setiap hari.