Tahap analisis data dalam tahapan pekerjaan analisis adalah proses mengidentifikasi, elemen demi elemen, kebutuhan data suatu fungsi. Setiap elemen data ditentukan dari sisi bisnis, diidentifikasi siapa yang memilikinya, diidentifikasi juga pengguna datanya, dan diidentifikasi juga sumber dari data tersebut (melakukan olah data)

Elemen-elemen data ini kemudian dikelompokkan menjadi sebuah record dan suatu struktur data dibuat untuk menunjukkan ketergantungan data.

Melakukan proses/olah data dengan melakukan analisis data memfokuskan kepada 2 aspek, yaitu data yang saat ini digunakan dan data yang akan atau mungkin dibutuhkan pada masa mendatang.

Data statistik atau data lainnya terkini kemudian dianalisis lebih lanjut untuk memastikan jika data diperoleh dari sumber yang tepat, waktu yang tepat, dan tingkat detail yang benar. Analisis data (misal data statistik) terkini juga mencoba menentukan, baik definisi data bisnis yang benar dari data yang digunakan dan memastikan semua pengguna data yang sama mendefinisikannya dan melihatnya dengan cara yang sama.

Untuk melakukan analisis statistik data kita dapat memperoleh dari:

* analisis event
* analisis transaksi
* analisis dokumen dan formulir
* analisis laporan