Sangat jarang sekali ditemui data – data yang disajikan tanpa menggunakan konsep basis data. Hal ini dikarenan banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan konsep basis data. Manfaat konsep basis data antara lain :

Kecepatan dan Kemudahan dalam Pengaksesan Data

Jika data disajikan dengan menggunakan konsep basis data, pengguna akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses data. Lebih cepat karena data tersaji lebih terstruktur sehingga pengguna mudah untuk menemukan data yang dicarinya. Lebih mudah karena untuk pemutahiran tidak diperlukan pengubahan data secara keseluruhan. Intinya, kecepatan dan kemudahan bisa dirasakan pada saat proses penyimpanan data, pemutahiran data, dan penampilan kembali data.

Keefisienan Penyimpanan Data

Telah diketahu bahwa padaa basis data, semua data harus merupakan data – data yang unik atau berbeda satu dan lainnya. Oleh karena itu tidak akan terjadi suatu pengulangan penyimpanan data – data yang sama sehingga ruang penyimpanan yang dibutuhkan lebih efisien.

Selain tidak adanya suatu pengulangan penyimpanan data yang sama, kefisienan basis data juga didukung oleh kemampuan basis data untuk dipakai kembali. Dua atau lebih kumpulan data bisa dimanfaatkan kembali sehingga bisa mengoptimalkan ruang penyimpanan kumpulan – kumpulan data tersebut.

Keakuratan Data Lebih Tinggi

Agar pengguna tidak melakukan kesalahan saat pembacaan data, penyajian data bisa dilakukan berdasarkan katagori – katagori tertentu. Pada teknologi terkini, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pencarian suatu data.

Kebersamaan (Sharability)

Jika data diakses oleh beberapa pengguna, pastinya dibutuhkan sistim pengaksesan secara paralel agar seluruh pengguna bisa mengakses data secara bersama – sama. Dengan teknologi jaringan terkini, bukan merupakan hal yang tidak mungkin lagi jika ada beberapa pengguna yang dapat mengakses data pada basis data yang sama secara bersama – sama.

Kelengkapan (Completeness)

Fakta yang terjadi pada dunia ini pasti tidak konstan. Ada perubahan yang terjadi di tiap waktunya. Begitu juga dengan data yang di simpan dalam basis data. Oleh karena itu, dengan menggunakan basis data, pengelola data dapat dengan mudah melengkapi atau mengubah data – data yang tidak sesuai.

Ketersediaan (Avaiblity)

Pengelolaan data dengan menggunakan konsep basis data dan didukung dengan teknologi jaringan terkini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengaksesnya. Salah satu kemudahan itu adalah tersedianya data dalam media internet sehingga user bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja.
Penerapan Konsep Basis Data

Dalam implementasinya, konsep basis data bisa diterapkan, tidak hanya dengan menggunakan teknologi komputer, tetapi juga bisa diterapkan dengan cara manual. Berikut penjelasan kedua cara pengelolaan basis data