• Peranan eksekutif pemasaran adalah memanage ketersediaan
pemasaran sumber daya untuk menciptakan suatu masa depan yang
lebih efektif. Untuk ini, mereka perlu membuat penilaian-penilaian
tentang res iko dan ketidak-pas tian dari suatu proyek dan dampaknya
bagi perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Untuk membantu eksekutif pemasaran di dalam membuat keputusan
pemasaran yang efektif, suatu EIS dapat diterapkan.
• E IS menyediakan suatu pendekatan ke arah prakiraan penjualan,
yang dapat mengizinkan eksekutif pasar untuk membandingkan
anggaran penjualan dengan penjualan yang lampau. EIS juga
menawarkan suatu pendekatan ke arah harga produk, yang
ditemukan di dalam analis is proyek. Eksekutif pasar dapat
mengevaluas i penetapan harga seperti hubungan mutu produk
dengan harga yang dibebankan. S ecara ringkas , paket software EIS
memungkinkan eksekutif pemasaran untuk mengolah data dengan
mencari trend, melaksanakan audit-audit dari data penjualan, dan
menghitung jumlah keseluruhan, rata-rata, perubahan-perubahan,
atau ras io-ras io.
18